Ketika anak (Nizar) menjadi pemalu.

Pakepe.com | Catatan Pendek Penulis. Tulisan ini sebagai sarana share pengalaman aja, berdasarkan analisa terhadap anak saya Nizar. Ahir-akhir ini Nizar jadi penakut dan pemalu, terlebih ketika bertemu dengan orang-orang yang baru dikenalnya. Wah ada apa nih?
Latar belakangnya dulu deh. 1 bulan terakhir ini Nizar ada pengasuh baru yang tinggal dirumah, berdasarkan info sih pengalaman mengasuh anak kecil. Orangnya mungkin beda sekitar 3-4 tahunan diatas saya.
Nah yang menjadikan analisa saya kenapa Nizar jadi penakut adalah dari cara mengasuh si Mba ini. Setiap kali Nizar nangis selalu ditakut takuti kucing, padahal Nizar ini berani banget sama kucing. Sampe-sampe kucing lagi diem juga dipegang buntutnya. Analisa saya karena sering ditakut-takutin ini mungkin Nizar juga jadi penakut terhadap orang lain. Namun ada analisa saya yang lain.
Selama sebulan ini Nizar kayaknya terlalu sering main didalam rumah dan jarang keluar rumah. Bagus sih untuk kebersihan si anak, tapi Nizar kan lagi belajar bicara. Sosialisasi terhadap orang lain sangatlah perlu untuk mengenal kosakata dan emosi dari orang lain. Bisa jadi inilah yang menjadikan poin penting kenapa Nizar berubah menjadi pemalu, dibandingkan 2 bulan lalu yang diasuh oleh tante, karena bergaul dengan anak-anak usianya sama.
Jadi mulai sekarang saya minta ke istri saya untuk bicara dengan si Mba ini untuk selalu mengajak Nizar main diluar. Biarkan anak bermain lari ksana-ksini, main becek dan air (Nizar selalu antusiar ketika melihat air). Karena dasarnya Nizar memang sedang belajar terhadap lingkungan. Yang penting jangan sampe Nizar jatuh aja. titik
Nizar juga sekarng selalu ingin digendong. Ketika dia merasa malu pasti dia akan memeluk dan minta di gendong. Analisa saya adalah setiap kali Nizar keluar, selalu digendong-gendong sama si Mba ini. Ini pun menjadi poin penting untuk merubah cara asuh Nizar. Nizar harus dibiarkan berjalan tanpa digendong. Biarkan dia lari asal terkontrol dan diikuti.
Catatan penting nih buat para orang tua : Pengasuh yang terbaik adalah orang tua sendiri, dan saya merasakan itu. Tapi ibunya masih belum bisa keluar dari tempat kerja.
Mudah-mudahan setelah hasil analisa ini saya sampaikan ke istri saya dan si Mba, Nizar menjadi anak yang tidak pemalu dan selalu berani.

Post a Comment

2 Comments

  1. Serem tau pake babysitter. Mending nitip neneknya lebih aman.

    ReplyDelete
  2. neneknya dikampung semua dan kita ga mau nitip, malu. Masa anaknya dulu diasuh sekarang cucunya juga diasuhnya.
    Kita ajarin aja deh si mbanya. Susah-susah gampang emang yang bener-bener sesuai keinginan kita.

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar