bagaimana cara berbelanja online yang aman?

belanja online
Akhir-akhir ini sering kita melihat iklan-iklan di TV yang menampilkan situs-situs belanja online dengan berbagai macam penawaran yang menarik. Mulai dari Promo diskon, Gratis pengiriman seluruh Nusantara, jaminan waktu pengiriman tercepat hingga gratis ganti barang jika telat atau rusak atau bahkan cicilan 0% untuk 6-12 bulan. WOW..
Semua iklan itu menggiurkan, termasuk saya pun sering terlena dengan iklan tersebut. Sebagai konsument tentu kita harus lebih jeli melihat semuanya. Kita harus pandai membandingkan harga dan barang dari beberapa situs belanja online.
Sedikit tips dari saya untuk berbelanja online :
1. Cari tahu informasi sebanyak banyaknya sebelum kita memutuskan berbelanja. Cari-cari informasi pengalaman-pengalaman dari orang yang telah berbelanja dari situs tersebut. Bagaimana pelayanan, cara belanja, cara bayar dan jaminan pengiriman adalah hal penting yang harus diketahui sebelum memutuskan berbelanja disana..
2.  Bandingkan harga barang dari beberapa situs online. Misalnya mau berbelanja AC Panasonic. Kita harus cek harga di situs Lazada berapa, Blibli berapa, Tokopedia berapa, atau di Bhinneka berapa. Bandingkan juga untuk pengirimannya, apakah free ongkir atau terkena biaya kirim.
3. Setelah melihat harga dari tiap situs, cek juga apakah ada promo atau diskon? Kan lumayan dapat diskon 2-10% juga bisa buat biaya masang atau bisa buat belanja yang lain.
4. Ketika sudah memastikan belanja di Situs A. Kita juga harus mencari no rek transfer yang sama dengan no rek kita. Ini adalah penghematan dari segi biaya transfer. Sebagai catatan, biaya transfer antar bank adalah minimal 5ribu. Memang kecil angka 5 ribu tapi kan lumayan buat jajan anak. hehehe
5. Ketika berbelanja cek jasa pengiriman barangnya. Apakah menggunakan JNE, TIKI, POS, atau jasa expedisi lainnya. Biasanya masing-masing mempunyai kelemahan dan kelebihan dalam pelayanan dan waktu pengiriman. Yang pasti dan penting adalah barang sampai dengan selamat dan tepat waktu.

Nah, demikian 5 tips cara berbelanja online dari saya, semoga berguna untuk semuanya.

Post a Comment

0 Comments