Tips mencontek dan dicontekin terbaik ala gue.

Hello guys, buat elo-elo yang masih didunia pendidikan atau mungkin lo udah lewat masa bangku sekolah pasti pernah yang namanya nyontek. Gue yakin sebagaimanapun lo berusaha jujur pasti ada aja setan yang ngajakin lo untuk berusaha nyontek atau dicontekin.
Gue yakin, walaupun lo udah berusaha untuk belajar seminggu sebelum hari tes pasti rasa penasaran untuk menyamakan jawaban yang telah lo isi sama temen lo pasti ada. Entah karena mau ngeremehin temen lo atau karena lo kurang percaya diri dengan jawaban lo.
Beberapa hal sebenarnya yang menyebabkan lo terpaksa atau mau ga mau di contek atau mencontek.

1. karena lo kebanyakan nonton sinetron anak sekolah yang alay seperti GGS (ganteng ganteng seringgila) jadi waktu yang harusnya lo belajar malah lo pake buat nonton TV.
2. Karena mati lampu. jadi ketika lo dengan sekuat tenaga akan belajar, tiba-tiba PLN mati, dan akhirny lo ga bisa belajar. padahal kalo emang niat kan bisa pake lilin ya ga?
3. Ato karena lo ketiduran. Pernah ga lo udah nyiapin buku-buku buat belajar, pas lagi baca-baca buku baru sebentar eh tiba-tiba ngantuk, tidur-tiduran bentar eh bablas sampe ayam berkokok. Kan nyesek banget ya ga?
4. Pas mau belajar tiba-tiba kata emak,"tong jagain dulu warung, emak mau nyuci dulu". Jadinya belajar sambil jagain warung, kan demi uang sekolah bisa kebayar harus bantu orang tua. Padahal kalo niat mah belajar ya dimana aja bisa kan?.. Masalahnya ni warung rame banget, jadi mau baca udah ada yang beli lagi. Hadeuuh