Kutipan soal pada UN mengenai Biografi Jokowi

Catatan Pendek Penulis |
Cermati Kutipan biografi berikut ini untuk menjawab soal nomor 13 dan 14
Ir H Joko Widodo lahir di Surakarta, 21 Juni 1961, merupakan alumnus UGM. Sejak 15 Oktober  Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI. Tokoh yang jujur dan selalu bekerja keras ini dikenal dengan gaya blusukannya ke pelosok ibukota. Berbagai penghargaan telah beliau raih, antara lain ia termasuk salah satu tokoh terbaik pengabdiannya kepada rakyat.
Sebagai tokoh seni dan budaya, beliau dinilai paling bersih dari korupsi. Namun demikian, usahanya di bidang upah minimum provinsi (UMP) mengalami kendala oleh tindakan buruh yang memanggil kembali perwakilannya saat sidang berlangsung. Buah dari pertemuan tersebut, dewan pengupahan menetapkan UMP sebesar Rp2,2 juta.
Keteladanan Jokowi pada kutipan wacana tersebut adalah....
A. alumni UGM yang cinta seni dan budaya
B. gemar blusukan ke pelosok wilayahnya
C. mengadakan pertemuan dengan dewan pengupan
D. menjadi tokoh seniman terkemuka di DKI Jakarta
E. menerima berbagai penghargaan dan gelar

Dari soal tersebut, Jokowi sendiri merasa dijebak oleh soal UN tersebut, dan beliau beranggapan bahwa ini dibuat oleh lawan politiknya.
Argumentasi saya adalah :
Hal ini dibuat karena bisa dijadikan sebagai sarana kampanye terselubung, mengapa? karena anak-anak yang sekarang UN adalah anak-anak yang telah menginjak dewasa, bahkan mungkin setelah lulus UN nanti mereka langsung memiliki hak pilih aktif terhadap pemilihan presiden?
Dengan adanya soal tersebut, secara tidak langsung maka si Anak yang hendak dewasa ini memiliki pemikiran positif mengenai soal dan keteladanan yang dimiliki Jokowi.
 Bagaimana dengan anda?
Siapapun Presidennya, yang penting bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik.

Post a Comment

0 Comments