Inilah rahasia kenapa permainan capit boneka selalu gagal menang bonekanya.

Inilah rahasia kenapa permainan capit boneka selalu gagal menang bonekanya.

Pernah bermain capit boneka atau mainan apapun yang menggunakan koin atau kredt kartu? Misalnya saja Timezone. Kalau pernah berarti saya dan anda mungkin pernah juga merasa kesal karena sudah beberapa kali mencoba, beberapa kali hampir berhasil tapi ujung-ujungnya gagal juga karena boneka incaran kita lepas dari capitannya.

Walaupun dasarnya mengatakan permainan ini adalah permainan ketangkasan dan ketepatan. Ternyata, permainan ini tidak seluruhnya membutuhkan keahlian apalagi ketangkasan seperti yang diiklankan.

"Bermain di mesin pencapit boneka hanya membutuhkan keberuntungan," kata Phil Edward, seorang penulis di Vox.com, situs berita online Amerika Serikat. "Karena mesin-mesin tersebut telah diatur (dicurangi, red)."

Edward telah membuat sebuah video untuk memberikan penjelasan bagaimana mesin-mesin pencapit boneka di pusat-pusat perbelanjaan telah dicurangi oleh operator untuk mengeruk keuntungan sebesar-besarnya.

Dalam video, Edward menjelaskan bahwa kekuatan pencapit di mesin tersebut bisa diatur sedemikian rupa saat mencengkeram atau menjepit boneka. Hal itu bahkan sudah diterangkan dalam buku manual dari mesin-mesin pencapit tersebut, tambah Edward.

"Kekuatan pencapit akan ditentukan dari banyaknya uang yang telah masuk ke dalam mesin permainan," katanya.

Sebagai contoh, jika harga sebuah boneka sebesar US$ 7 atau Rp 98 ribu, maka harga untuk satu kali permainan yakni US$ 0,5 atau Rp 7 ribu. Artinya pemain harus bermain lebih banyak hingga operator mendapat keuntungan 50 persen. Atau pencapit hanya memberi satu kali kesempatan untuk menang dari setiap 21 kali percobaan.

Selain itu, mesin juga berusaha membuat pemain agar selalu berpikir hampir menang. Caranya, mesin akan menjatuhkan boneka ketika mendekati lubang untuk mengambil boneka. Dengan demikian, pemain akan terus membeli koin dan dibuat penasaran karena tidak berhasil mendapatkan boneka incaran.

Namun situs The Vending Times mengatakan penjelasan Vox.com tidak lengkap karena tidak mengungkapkan elemen ketangkasan yang sebenarnya ada pada permainan pencapit boneka.

"Beberapa tahun belakangan para pemimpin industri hiburan telah mengeluarkan kebijakan yang ketat, mendorong operator untuk mengoperasikan mesin permainan dan menjalankan program berhadiah sesuai dengan hukum.

"Dan semakin banyak negara yang memantau permainan berhadiah tersebut," tambah The Vending Times.

(Sumber: Daily Mail)