Sate Jamur Tiram yang Praktis untuk Buka Puasa


 
Assalamualaikum!

Selamat menjalankan ibadah puasa. Gimana awal puasanya? Pasti lancar ya, aammiin. Saya sendiri menjalani puasa Ramadan kali ini dengan aktivitas yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Pertama, saya sibuk berjualan ayam kampung Daima Chikin. Dua hari sebelum puasa dan 5 hari pertama puasa, saya dan suami setiap hari menyembelih ayam. Biasanya cuma seminggu 3 kali saja.

Kedua, saya menjalani program diet. Iya, sudah masuk bulan kedua saya diet menurunkan berat badan. Sampai hari ini, sudah total turun 6 kilogram. Kenapa diet? Karena saya ingin punya badan sehat di bulan Ramadan. Akhirnya kesampaian karena masalah utama badan saya sudah teratasi. Sekarang saya nggak pusing dan sakit kepala lagi saat berpuasa. Malah bisa aktif jualan ayam.

Alhamdulillah...

Masih berhubungan dengan program diet, saya jadi sering masak makanan sehat di rumah. Sudah jauh mengurangi gorengan. Masih suka bikin sih buat 3 boyz dan suami. Sekali-kali saya juga ikut makan tapi dikiit aja, hehe.

Nah, kali ini saya mau share salah satu resep diet yang diterapkan di bulan puasa. Terinspirasi sate jamur tiram di sebuah restoran khas Sunda, saya pernah nyoba buat sendiri dan enak. Kemarin, saya bikin lagi dengan takaran bumbu asal aja. Eh hasilnya... lebih enak!

Yuk ikut simak resepnya...

Sate Jamur Tiram

Bahan:

  • 2 bungkus jamur tiram segar, buang tangkai yang keras, suwir kasar
  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 3 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt ketumbar
  • margarin secukupnya
Bahan bumbu kacang, tumbuk halus:
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 mangkok kecil kacang tanah, goreng hingga matang
  • 2 buah cabe rawit (bisa ditambah jika ingin lebih pedas)
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya

Cara membuat:
  1. Tumbuk halus: bawang putih, bawang merah, garam, merica, dan ketumbar.
  2. Tumis bumbu dengan margarin. Masukkan jamur, aduk rata. Tuang kecap. Masak hingga bumbu meresap. Sebentar saja, nggak sampai 5 menit. Matikan api.
  3. Ambil tusuk sate. Sematkan suwiran jamur secara zigzag. Padatkan.
  4. Panaskan pan panggangan. Olesi margarin. Bakat sate jamur hingga matang kecoklatan di semua sisinya.
  5. Angkat, sajikan bersama sambal kacang atau sambal kecap.
  6. Membuat bumbu kacang: tumis bumbu sampai matang. Beri sedikit air. Koreksi rasanya. 
Asik... udah mateng nih. Pas banget buat menu buka puasa hari ke 6. Tahu nggak sih, tanpa pakai bumbu kacang aja sate jamur ini sudah enak dicemilin. Bumbunya meresap. Pas digigit ada rasa kenyal khas jamur.



Oia, sebenernya saya bikin sate jamur ini gegara ada tetangga jualan sate ayam. Iseng dibeli krna saya lagi males bikin bumbu kacang. Berhubung cuma beli seporsi isi 10 tusuk, mikir pasti bakal kurang buat orang rumah buka puasa. Jadi saya tambahin bikin sate jamur.

Begitu tersaji, dapet 20 tusuk sate jamur. Sate ayam yg 10 biji malah bersisa. Pada lebih suka sama sate jamur dibanding sate ayam beli (soalnya kalo saya bikin sate ayam ga begini).

Ga keliatan kayak apa sate jamurnya?



Selamat mencoba ya ^_^

Post a Comment

0 Comments