Kenapa kita menguap?

Catatan Pendek Penulis | Jam menunjukan jam 8 pagi, tapi mulut saya menguap terus dari tadi. Padahal tidur saya pikir sudah cukup dengan 6 jam. Ada yang bicara kurang oksigen ada pula yang bicara karena terlalu banyak tidur. Lalu secara ilmiah kenapa kita menguap?
1. Kurangnya Oksigen
Dengan menguap kita menghirup banyak udara dan ini membantu meningkatkan tekanan darah, detak jantung dan kandungan oksigen dalam darah.
2. Bahasa tubuh, indikator tubuh lelah
Sama halnya seperti ekspresi marah, senang, sedih tubuh menimbulkan ekspresi sendiri dan menguap pun sama adalah sebuah ekspresi dari tubuh lelah dan butuh istirahat.

Dan tahukan anda keanehan dari menguap ketika orang menguap lalu tiba-tiba kita pun menguap juga!

Sumber 1 : http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/09/ingin-tahu-penjelasan-mengapa-kita-menguap

Etika Menguap dalam Islam.

Dalam Ensiklopedi Adab Islam terbitan Pustaka Imam Asy-Syafi’i disebutkan, berdasarkan hadits-hadits di atas, maka etika atau adab seorang Muslim dalam menguap adalah sebagai berikut:
1. Meletakkan tangan di mulut agar mulut tidak terbuka. Saat manusia menguap dengan mulut terbuka itu, ia terlihat buruk dan saat itu juga setan sedang menertawakannya.

2. Tidak mengeluarkan suara ‘aaah ’ atau "huwaaah". yang akan menimbulkan tertawaan setan.

3. Tidak mengangkat suara.Terkadang sebagaian orang jahil mengangkat suaranya ketika meng uap dengan maksud ingin mem bu at sekelilingnya tertawa. Tentunya setan juga menertawakannya. Wallahu a'lam.

Sumber : http://www.risalahislam.com/2013/10/etika-menguap-menurut-islam.html

Post a Comment

0 Comments