Besarkan Anak dengan Mental Sehat

Pakepe.com | Catatan Pendek Penulis. Sebuah notes yang sangat penting untuk para orang tua, yang sangat perlu saya share disini mengenai emosi saat mendidik anak. Silahkan dibaca-baca untuk kebaikan kita para orang tua.
Sumber : Forum Tumbuh Kembang Anak (Bee Kids)
Postingan : https://www.facebook.com/chandra.b.prasetyo.5?fref=nf

Monggo dibaca:
Ada beberapa postingan pertanyaan di bee kids, dari seorang Bunda yang sering tidak bisa mengontrol emosinya dalam mengasuh anaknya, sering marah sampai berteriak dan membentak, bahkan menggunakan kekerasan fisik seperti mencubit sampai dengan memukul, tetapi setelah itu menyesalinya dan merasa bersalah.
Harap diingat bahwa hal itu dapat mempengaruhi proses tumbuh kembang si anak , bahkan berlanjut sampai mempengaruhi kelak sampai si anak tumbuh remaja dan dewasa nantinya, akibat dari bundanya yang sering galau, stress bahkan depresi.

Kesehatan fisik dan emosional seorang ibu ketika membesarkan anak-anaknya berpengaruh erat terhadap kesehatan si anak. Dari sebuah Studi menemukan, ibu yang depresi akan memengaruhi perubahan perilaku anak.

Mereka yang masih dalam usia sekolah dasar dan dibesarkan oleh ibu yang depresi cenderung akan terlibat dalam masalah perilaku seperti mengonsumsi minuman keras dan narkoba ketika anak tersebut sudah remaja.

Anak-anak dengan ibu yang sedang depresi pada "masa menengah kanak-kanak" kemungkinan besar lebih cepat memiliki perilaku berisiko daripada anak-anak lain. Pengaruh depresi ibu pada perilaku remaja terkait dengan efek jangka panjang yang buruk di masa dewasa.

Masa menengah kanak-kanak adalah periode peningkatan kognitif, perkembangan sosial dan emosional. Anak-anak dalam kelompok usia ini memulai sekolah, memperbaiki kemampuan bahasa mereka dan semakin terlibat dalam hubungan sebaya sosial.

Pengasuhan ibu yang depresi dan perilaku orangtua yang negatif dapat membahayakan perkembangan anak sendiri selama waktu sensitif tersebut dan menyebabkan "defisit abadi”.

Untuk meminimalisir hal tersebut, maka jalan yang terbaik adalah bagaimana mengurai masalah depresi yang menimpa sang ibunda. Oleh karena itu, ayah juga harus berperan dalam hal ini.

Hayuk, lewat Bee Kids kita belajar menjadi orang tua yang lebih bijak, Smart, sehat fisik dan mental rohani serta contoh teladan bagi anak-anak kita.

Salam Bee Kids.

Emosi mendidik anak

Post a Comment

0 Comments