Bisnis Kuliner, Seblak Basah.

Seblak Basah, Cikarang
Pakepe.com | Catatan Pendek Penulis. Seblak sedang menjamur dan menjadi trend makanan pedas untuk waktu ini. Makanan yang berasal dari Bandung ini telah membuat orang berbisnis kuliner yang satu ini. Contohnya adalah saya sendiri. Antusias orang yang menyukai makanan pedas mungkin 60% lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak suka makanan pedas. Itulah yang menjadikan latar belakang seblak ini mempunyai rasa pedas.
Bisnis kuliner seblak cukup menjanjikan. Dengan hanya bermodalnya 30 ribu mungkin sudah bisa menjalankan bisnis ini. Tidak usah membuat gerobak khusus, cukup nongkrong depan rumah juga bisa.
Jika kita tanyakan mengenai sejarah Seblak ini, saya pun masih belum jelas darimana asal muasalnya kata seblak. Kalau dari kosakata Bahasa Sunda ( kota asal seblak dari Bandung), Seblak bisa berarti deh-degan atau kaget. Mungkin karena pedasnya yang membuat orang kaget dan merasa deg-degan.
Jenis-jenis seblak yang sekarang berada dipasaran beragam jenisnya. Banyaknya jenis Seblak ini juga karena kreatifitas dari masing-masing pedagannya saja. Mereka membuat beragam jenis Seblak berdasarkan campurannya. Misalnya Seblak Ceker, karena Seblaknya memang dicampur dengan ceker. Atau Seblak mie, karena emang dicampur dengan mie. Bahkan ada yang mencapurnya dengan sayuran seperti kol dan sawi. Namum menurut saya, kalau dicampur dengan sayuran hijau seperti ini akan terlihat seperti mie goreng. hehehe
Harga seblak sangat bersahabat. Dengan harga sekitar 5000-8000/ porsi membuat seblak banyak diminati. Bahkan banyak diantara pembelinya adalah anak sekolah atau bahkan ibu-ibu yang penasaran dengan rasa seblak dan akhirnya menjadi ketagihan. hehehe
Kenapa seblak ini begitu populer dimasyarakat, sampe-sampe saya terjun juga bisnis kuliner ini? Kalo menurut analisa saya dan mungkin ada benarnya juga.
1. Orang yang suka dengan makanan pedas mungkin bisa mencapai 60% lebih banyak dari jumlah orang yang tidak suka makanan pedas. Kalo ga percaya silahkan survei sendiri. heheh
2. Kuliner pedas dan panas seperti ini cocok disegala musim, terlebih sekarang sedang musim hujan. Kan lebih enak makan yang panas dan pedas daripada makanan dingin. Hampir sama seperti baso.
3. Rasa pedas dari cabe mengandung banyak manfaat. Selain vitamin C, juga bisa untuk menghilangkan rasa nyeri dan pusing. Pernah ga anda sedang pusing, lalu makan makanan pedas dan setelahnya plong?
4. Modalnya ga terlalu besar. Paling sederhananya anda cuma butuh modal bahan baku 30 ribu juga bisa jualan. Karena alatnya adalah alat dapur yang ga khusus.
5. Harga jual yang murah menjadikan pas dikantong semua segmen. Seperti saya bilang diatas, mulai dari siswa sekolah sampai ibu-ibu.
6. Bisa dijadikan sebagai lauk makan. Rasanya pedas dan gurih cocok jika dimakan dengan nasi panas dan kerupuk. hehehe pasti keluar semua keringat tuh, ditambah lagi jangan menyalakan kipas ato AC. Sauna gratiss.
Tambahan juga, Kalo ga salah awalnya Seblak adalah kerupuk pedas.
Demikian soal sejarah, jenis dan harga dari seblak yang sedang saya lakoni. Cek Warung Seblak saya DISINI.
Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments