Resep Mie Ayam Enak Dalam 7 Langkah Mudah

Resep Mie Ayam


Saya suka banget makan mie ayam. Rasanya nggak pernah bosan. Penasaran, saya pengen bisa bikin sendiri. Setelah nyobain aneka resepnya, saya menemukan resep mie ayam enak yang gampang dibuat. Alhamdulillah, hasilnya adalah mie ayam enak yang disukai suami dan anak-anak. Sejak saat itu, saya jadi sering membuat sendiri di rumah. 


Kenapa mie ayam? Bukan sekedar mie doang, hidangan ini cocok untuk pengganti nasi karena isinya yang komplit. Ada potongan ayam berbumbu sebagai topingnya. Disajikan dengan kuah kaldu dan sayuran, jadi deh mie ayam yang rasanya enak. Bakalan puas deh kalau makannya. Ketemu daging ayam sebagai sumber protein, mie yang jadi karbohidrat, dan sayuran sebagai pelengkap serat. 

Mie yang digunakan untuk membuat mie ayam adalah mie basah yang terbuat dari tepung terigu dan telur. Ini yang membuat rasa kenyalnya beda dengan mie instan. Jika ingin membuat di rumah, mie bisa dibikin sendiri atau beli yang sudah jadi di pasaran. Saya lebih suka beli yang sudah jadi. Lebih praktis.


Resep Mie Ayam
Mie basah dengan tekstur mie lebih padat

Bukan mie ayam namanya kalau nggak ada daging ayam. Daging ayam diberi bumbu kecap. Mau kecapnya banyak atau sedikit tergantung selera. Toping ayam kemudian ditaruh di atas atau di pinggir mie. Oia, ada juga yang menyajikan dengan suwiran ayam. Bebas aja, sih. Yang penting harus ada ayamnya.


Resep Mie Ayam
Sudah dapat ayamnya? Tangkep dulu kalau belum :D

Mau lebih endes, bisa ditambahkan jamur sebagai topingnya. Nanti judulnya jadi mie ayam jamur. Lebih rame lagi pakai bakso, ceker, dan pangsit kuah atau pangsit goreng. Bikin selera makan bertambah dan lidah makin semangat bergoyang. Jangan ketinggalan pakai sambal juga. Wow, mantap! 


Resep Mie Ayam
Pakai bakso, MbakBro!

Mie ayam termasuk jajanan populer dengan banyak penggemar. Pengen beli juga? Gampang. Banyak yang jual, lho. Mulai dari pedagang mie ayam kaki lima di pinggir jalan sampai mie ayam ala restoran juga ada. Lagi mager ogah pergi? Tenang, ada Mamang gerobak mie ayam yang lewat di depan rumah. Tinggal dicegat aja. Nikmat mana yang bisa kau dustakan...



Resep Mie Ayam
Mie ayam ala resto yang pernah saya cicipi. Enak!

Sering beli mie ayam? Pernah merasa nggak puas? Saya pernah dapat mie ayam yang daging ayamnya cuma seuprit. Atau si Mamang mencampur daging ayam dengan potongan labu siam biar kelihatan banyak. Ada lagi yang asal saja mencampur daging ayam dengan tulangnya. Duh, ini mie ayam atau mie tulang ayam? Sebel banget, deh!



Resep Mie Ayam
Mie ayam yang lewat di depan rumah

Jadi kepikiran buat bikin mie ayam sendiri. Memasak sendiri tentu lebih terjamin kebersihannya dibandingkan beli matengan di pinggir jalan. Enaknya lagi, kita bebas nambah porsi sesuai selera. Mau makan dan nambah berulang kali hayuk aja tanpa pusing mikirin dompet bakal jebol. 

Untuk membuat mie ayam, kita bisa bikin resep sendiri, lho. Tinggal dimodifikasi sesuai selera. Kira-kira seperti apa ya resep mie ayam yang enak dan lezat? Nggak sekedar enak saja, cara membuatnya juga pengen yang gampang dan cepat. 

Nah, berikut ini adalah resep mie ayam enak yang gampang dipraktekkan dalam 7 langkah mudah. Nggak percaya? Yuk, simak bahan dan cara membuatnya berikut ini. 

Oia, resep mie ayam ini saya lengkapi dengan ceker ayam, bakso sapi, dan pangsit. Jika suka bisa menambahkan jamur kancing pada tumisan ayam dan menjadikannya mie ayam jamur.

RESEP MIE AYAM ENAK

Bahan Mie Ayam:

Resep Mie Ayam
Bahan  mie ayam enak
  • 1 bungkus mie basah siap pakai (isi 6 porsi) 
  • 1 bagian dada ayam tanpa tulang 
  • 10 ceker ayam 
  • 10 butir bakso sapi 
  • pangsit basah siap pakai (jumlah sesuai selera) 
  • 8 butir bawang putih, cincang halus 
  • 1 ikat sawi hijau 
  • 2 batang daun bawang 
  • 1 batang seledri utuh 
  • 2 batang seledri cincang 
  • bawang merah goreng untuk taburan 
  • 2 sdm saus tiram 
  • 3 sdm kecap manis 
  • 1 sdm kecap asin 
  • garam secukupnya 
  • merica secukupnya 
  • air matang 
  • minyak goreng untuk menumis 

Cara membuat:

Langkah 1: membuat minyak bawang putih

Resep Mie Ayam
  1. Tumis 2 butir bawang putih cincang hingga harum. 
  2. Saring minyaknya, sisihkan. 
  3. Boleh juga menggunakan minyak ayam dari lemak ayam. 

Langkah 2: membuat tumisan ayam 

Resep Mie Ayam
  1. Panaskan minyak goreng. Tumis 3 siung bawang putih cincang.
  2. Masukkan potongan ayam.
  3. Tumis hingga berubah warna. 
  4. Masukan saus tiram, kecap asin, kecap manis, garam, dan merica. Aduk rata.Tambahkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, garam, dan merica. Aduk rata. 
  5. Tambahkan 150 ml air.  
  6. Masak hingga kuah menyusut. Koreksi rasanya. 
Resep Mie Ayam

Langkah 3: membuat kuah mie ayam

Resep Mie Ayam

  1. Rebus ceker ayam dengan air hingga ceker empuk. 
  2. Sisakan kuahnya sebanyak 500 ml. 
  3. Tumis 3 siung bawang putih cincang di wajan. Tuang tumisan ke dalam kuah yang mendidih. 
  4. asukkan 1 batang seledri utuh. 
  5. Tambahkan bumbu garam dan merica. Masak selama beberapa menit. Koreksi rasanya. 
  6. Masukkan bakso dan pangsit yang sudah dilipat. Rebus sebentar. Angkat, sisihkan. 
  7. Masukkan sawi hijau, masak sebantar. Angkat, sisihkan. 
  8. Panaskan panci berisi kuah kaldu ini seperlunya saat ingin menyajikan kuah mie ayam. 

Langkah 4: menyiapkan bumbu di mangkok

Resep Mie Ayam
  • Bubuhkan pada setiap mangkok: 1 sdm minyak bawang, 1 sdt kecap asin, dan 1 sdm kecap manis (boleh ditambahkan jika ingin warna mie lebih coklat). 
  • Tidak perlu menggunakan kecap manis jika ingin membuat yamin ayam. 

Langkah 5: menyiapkan mie

Resep Mie Ayam

  1. Rebus mie dalam panci lain (bukan panci berisi kuah kaldu). Tambahkan sedikit minyak goreng pada air rebusan panci. 
  2. Masukkan mie basah ke dalam panci. Masak hingga mie matang dan mengembangnya pas. 
  3. Jika ingin lebih mudah dan gampang mengatur mie per porsi, rebus mie secara bergantian satu demi satu gulungan mie. Cara ini mengikuti penjual mie ayam yang merebus mie per porsi. Bisa juga sekalian merebus semua mie lalu membaginya dengan rata di mangkok. Tinggal atur saja. 
  4. Angkat mie dan tiriskan air rebusannya. Langsung taruh mie di atas mangkok yang sudah dibubuhi bumbu kecap. Aduk hingga mie tercampur rata. 

Resep Mie Ayam


Langkah 6: finishing

  1. Ambil 2 sampai 3 sdm toping ayam, tata di atas mie. 
  2. Taruh sayur sawi, bakso, dan ceker yang sudah direbus. 
  3. Taburkan bawang goreng, daun bawang, dan seledri cincang. 
Resep Mie Ayam

Langkah 7: siapkan pelengkapnya

  1. Mie ayam kurang komplit tanpa sambal. Bisa membuat sambal cabe sendiri. Caranya: rebus cabai rawit dengan sedikit kuah. Tumbuk kasar cabai rawit yang sudah empuk. Sambal cabe siap digunakan. 
  2. Sajikan juga saus tomat dan saus sambal botolan. 
  3. Siapkan kecap manis untuk yang suka mie ayam dengan tambahan kecap. 
Resep Mie Ayam

Gimana? Nggak susah kan mempraktekkannya? Bahan-bahannya juga gampang diperoleh di warung sayur. Peralatan masak yang digunakan hanya panci dan wajan saja. Cocok banget buat dipraktekkan oleh anak kos karena simpel. 


Resep Mie Ayam

Pangsit sebagai pelengkap bisa diberi isian, lho. Mau pakai daging sapi atau udang cincang sepertinya enak. Perhatikan saat merebus pangsit agar tidak kelembekan dan hancur. 


Selain direbus, pangsit isi yang digoreng juga nggak kalah lezat. Kulit pangsit bisa diberi isian daging ayam cincang dicampur udang, atau daging sapi cincang. Tinggal bumbui denga bawang putih tumis, bungkus, goreng deh. Penampakannya seperti ini:

Resep Mie Ayam

Pangsit isi yang pernah saya buat adalah pangsit isi ayam. Resep pangsit isi ayam bisa dibaca di sini. Pangsit isi yang sudah jadi bisa jadi hidangan sop pangsit yang nggak kalah nikmat. 

Jika ingin menggunakan pangsit isi, buatlah sehari sebelumnya untuk menghemat waktu.Caranya: setelah pangsit isi matang, angkat dari kukusan lalu didinginkan. Simpan di kulkas untuk direbus atau digoreng. Sajikan bersama mie ayam keesokan harinya. 

Kalau nggak sempat bikin pangsit isi gimana? Pakai pangsit doang tanpa isi juga enak, lho! Cara memasak pangsit tanpa isi cukup dilipat saja. Terserah mau jadi bentuk seperti apa. Saya sendiri melipat bentuk segitiga lalu melipat lagi sisi kiri kanannya ke tengah. 


Resep Mie Ayam

Berikut penampakan pangsit tanpa isi setelah matang:


Resep Mie Ayam

Tanpa isian, kulit pangsit digoreng garing juga enak. Hasilnya jadi keripik pangsit. Biar tampilannya centil, saya menggunting pangsit dengan gunting zigzag. Anak bungsu saya suka banget. Kalau nggak distop, semua habis dia makan, haha. Pangsit goreng yang renyah menambah sensasi makan mie ayam enak, kriuk kriuk… 

Resep Mie Ayam

Terakhir, jangan lupa sajikan segera mie ayam panas-panas. Jangan dibiarkan terlalu lama karena mie bisa mengembang dan rasanya jadi tidak enak. Jadi ‘beukah’ menurut istilah orang Sunda. Tuh kan, mie ayam yang dicuekin aja jadi nggak enak. Persis kayak kamu yang dicuekin, jadi nggak enak juga kan? Hehehe.

Resep Mie Ayam
Neng, jangan diabisin mie ayamnya ya!

Makan mie ayam pas banget saat cuaca dingin di musim hujan seperti sekarang ini. Bikin anget, gitu. Bisa makan sendirian di tempat kos, atau rame-rame bareng teman dan keluarga. Buat suguhan arisan dan cara pertemuan juga oke. 

Saya pernah membuat mie ayam untuk teman-teman kantor suami waktu masih tinggal di Palangkaraya. Syukurlah mereka menyukainya. Karena rasanya yang enak, suami sempat menyuruh saya berjualan mie ayam. 

Andai tidak riweuh alias repot dengan dua anak kecil plus satu bayi, mungkin saya bakal berjualan mie ayam beneran di Palangkaraya saat itu. Mohon doanya ya. Siapa tahu suatu hari nanti saya bisa buka warung mie ayam dengan mengandalkan resep ini.


Resep Mie Ayam

Selamat menikmati mie ayam hasil buatan sendiri ^_^


Video resep mie ayam enak bisa dilihat di channel Youtube Dapur Ngebut:



Post a Comment

0 Comments